Profil

Sejarah Program Studi Hukum Keluarga 

Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyyah) merupakan perubahan nama dari jurusan Qadha, Peradilan Agama, Ahwal Syakhshiyyah yang pernah ada dalam sejarah program studi di Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

( read more )

 

 


Visi, Misi dan Tujuan

Unggul dalam Integrasi Ilmu Hukum Keluarga  Berdasarkan  Nilai-Nilai Keislaman, Keindonesiaan dan Kemanusiaan di Kawasan Asia Tenggara pada Tahun 2018 dan Internasional pada Tahun 2026.

Menyelenggarakan pendidikan hukum keluarga yang integratif, berkualitas, kompetitif dan relevan untuk pengembangan keilmuan, transformasi sosial dan peningkatan daya saing bangsa; ( read more )


Kompetensi Lulusan

  1. Menguasai konsep teoritis ilmu hukum syariah dan ilmu hukum konvensional, khususnya yang terkait dengan hukum keluarga dan hukum perdata Islam di Indonesia.
  2. Menguasai konsep teoritis dan praktik dalam menerima, memeriksa, mengadili, menyelesaikan dan memutus setiap perkara yang diajukan kepadanya
  3. Menguasai konsep teoritis dan memahami secara praktik pelayanan teknis di bidang administrasi perkara, administrasi umum dan memahami tugas kegiatan kepaniteraan dan kesekretariatan dalam menyusun program kerja jangka panjang dan pendek di pengadilan agama. ( read more )